Pada dasarnya setiap mesin yang berputar (e.g. rotor, impeller, turbin etc.) memiliki titik berat yang sama dengan titik putar. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, titik berat yang semula sama dengan titik putar, dapat bergeser dari tempat yang seharusnya. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor, baik karena debu atau kotoran sisa proses yang menempel pada blade, maupun penyebab lainnya. Titik berat yang telah bergeser tersebut, mengakibatkan unbalance pada mesin dan merugikan mesin dengan naiknya nilai vibrasi dari standar yang diijinkan ketika mesin tersebut beroperasi secara normal.

Untuk mengatasinya, perlu dilakukan balancing untuk mengembalikan titik berat benda berputar (e.g. rotor, impeller, turbin etc.) agar sama dengan titik putarnya.

Ada 2 cara untuk melakukan pekerjaan balancing pada benda berputar. Yaitu balancing workshop dan balancing onsite. Balancing onsite dapat dilakukan di lokasi mesin pada pabrik maupun perusahaan tempat mesin tersebut beroperasi. Ada beberapa keuntungan ketika anda melakukan balancing onsite :

a. Menghilangkan persyaratan untuk benar-benar membongkar dan memasang kembali peralatan pabrik untuk melakukan balancing komponen mesin.

b. Mengurangi downtime, tenaga kerja dan biaya material

c. Meningkatkan kualitas produk

d. Memperpanjang masa pakai bearing dan alat berat

e. dll.

PT. PUTRANATA sebagai perusahaan condition monitoring terpercaya sejak 1989 melakukan beragam pekerjaan maintenance, dan salah satunya adalah Balancing Onsite. Kami juga menyediakan tools lengkap beserta operator untuk memenuhi kebutuhan anda agar mesin anda dapat beroperasi sempurna sesuai dengan standar operasi – dalam hal ini toleransi vibrasi yang diijinkan. Kami akan datang ke perusahaan anda dan klien kami telah tersebar di seluruh Indonesia.

Related image
Alat yang kami gunakan untuk balancing on-site